Magnetic Separator atau Pemisahan magnetik adalah proses pemisahan komponen-komponen campuran dengan menggunakan magnet untuk menarik material magnet. Proses yang berguna untuk pemisahan magnetik melepaskan bahan non-magnetis dengan yang bersifat magnetis.

Teknik ini berguna untuk tidak semua, tetapi beberapa mineral seperti feromagnetik (bahan yang sangat mendapat pengaruh dari medan magnet) dan paramagnetik (bahan yang kurang terpengaruh) tetapi efeknya adalah Berbagai macam cara mekanis berguna untuk memisahkan bahan magnet.

Selama pemisahan magnetik, magnet tempatkan dalam dua drum pemisah yang mengandung cairan. Karena magnet, partikel magnet terbawa arus oleh gerakan drum. Ini dapat membuat konsentrat magnetis (misalnya konsentrat bijih)

MANUFACTURE MAGNETIC SEPARATOR

Pada tahun 1860-an, pemisahan magnetik mulai komersil. Penggunaan untuk memisahkan besi dari kuningan. Setelah tahun 1880-an, material feromagnetik mulai pisahkan secara magnetis. Pada tahun 1900-an, pemisahan magnetik intensitas tinggi d iresmikan yang memungkinkan pemisahan bahan pragmatis.

Setelah Perang Dunia Kedua, sistem yang paling umum adalah elektromagnet. Teknik ini gunakan pada tempat pembuangan besi tua. Pemisahan magnetik d ikembangkan lagi pada akhir 1970-an dengan teknologi baru yang d iresmikan. Bentuk baru pemisahan magnetik termasuk magnet pulley, magnet overhead dan drum magnet.

Pada tambang yang mana wolframit bercampur dengan kasiterit, seperti tambang South Crofty dan East Pool Cornwall atau dengan bismut seperti pada tambang Shepherd dan Murphy Moina, Tasmania, pemisahan magnetik gunakan untuk memisahkan bijih.

MAGNET SEPARATOR UNTUK CONVEYOR BELT

Pada tambang ini, alat yang sebut Wetherill’s Magnetic Separator (Penemuan John Price Wetherill, 1844–1906) gunakan. Dalam mesin ini, bijih mentah, setelah kalsinasi umpankan ke belt conveyor yang lewatk pada bawah dua pasang elektromagnet yangmana belt selanjutnya berjalan pada sudut kanan ke belt feeder. Sepasang bola pertama memiliki magnet yang lemah dan berfungsi untuk menarik bijih besi yang ada. Pasangan kedua memiliki magnet yang kuat dan menarik wolframit, yang bermagnet lemah. Mesin ini mampu mengolah 10 ton bijih sehari.