Belt Cleaner System : Membersihkan dan Meningkatkan Umur Belt

PENGERTIAN BELT CLEANER SYSTEM

Apakah itu belt Cleaner System? Apa fungsi belt cleaner? Sebagaimana namanya: belt cleaner adalah suatu sub-sistem mekanis yang menjaga conveyor belt tetap bersih dengan menggunakan blade atau pisau pembersih. Belt cleaner terdiri dari blade yang terbuat dari poliuretan atau tungsten carbide atau ceramic. dengan tetap menjaga konveyor selalu bersih maka umur belt akan lebih awet dan terhidar dari masalah carry back. pembersih Belt Conveyor menghilangkan bahan yang lengket pada Belt conveyor hingga menjaganya tetap bersih.

PRIMARY CLEANER

Pembersih utama (Primary Cleaner) menghapus bahan yang lebih kasar menempel pada Conveyor belt. Material yang masih menempel pada belt Setelah keluar dari Head Pulley atau drive pulley. Secara umum belt cleaner ini berfungsi sebagai pertama dengan tingkat efektifitas primary cleaner berkisar antara 70-80%.

Primary Cleaner dengan Segmented Blade dari bahan Polyurethane, Blade membersihkan belt dari bahan-bahan dengan ukuran yang lebih besar. Tingkat efektifitas mencapai 80%

SECONDARY CLEANER

Secondary Cleaner, bekerja pada sisi lain dan berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada Conveyor. Karena sudah yang memulai pembersihan belt pada primary cleaner, yang mana scrap besar-besar sudah tersingkirkan maka secondary cleaner ini berfungsi untuk lebih membersihkan.

Produk Secondary Belt Cleaner Bellebanne memiliki keunggulan dari brand lain yang mampu membersihkan belt secara efektif hingga 98%. Bahkan dalam kondisi extreem basah dan berlumpur sekalipun.

Masalah Carry Back akibat belt cleaner tidak bekerja dengan baik. hal ini dapat mengakibatkan return roller cepat rusak dan belt mengalami gesekan terus menerus hingga umur belt pun lebih pendek.

Peranan Belt Cleaner sangat penting karena fungsinya sebagai pembersih maka belt cleaner memastikan bahwa Conveyor tetap bersih. Dengan menjaga belt selalu bersih maka belt dan sparepart lainnya akan lepas dari masalah aus kikis (Abrassion).

OPTIMALISASI KINERJA BELT CLEANER

Saat menggunakan belt Cleaner pada sistem conveyor, salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan adalah ketegangan belt. Ini kadang-kadang abai karena jumlah waktu yang kita habiskan untuk pemeliharaan, perbaikan, dan instalasi mematikan. Hari ini kita akan membahas hal-hal utama tentang pengencangan pembersih belt dan mengapa Anda harus melakukannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem conveyor Anda.

FUNGSI TENSION PADA BELT CLEANER

Tanpa pengencangan Belt yang benar, kinerja belt Cleaner dapat sangat terganggu. Hal ini mengakibatkan efisiensi sistem conveyor yang buruk yang dapat menghambat pengangkutan material. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk menjaga tegangan Belt Cleaner yang optimal pada bilah yang memungkinkan pembersihan lebih efisien sekaligus mengurangi terbawa kembali dan melindungi Belt sama sekali.

Dengan tegangan Belt yang benar, pembersihan menyeluruh jauh lebih mudah dilakukan, membantu meningkatkan keselamatan dan produktivitas sistem. Manfaat tambahan untuk tegangan sabuk yang benar adalah berkurangnya keausan pada poliuretan atau tungsten carbide, membantu memperpanjang masa umur pakainya.

ketika belt cleaner bekerja dengan baik maka belt kelihatan bersih tanpa ceceran material dan debu yang beterbangan.

Kebersihan Conveyor membuat umut belt lebih lama begitu juga dengan semakin sedikit downtime akibat kerusakan awal dari bagian-bagian pendukung conveyor.

Belt Cleaner berkinerja tinggi menjaga belt tetap bersih, menghapus Carry Back, dan membuat sistem conveyor lebih aman dan produktif. Fungsi Belt Cleaner yang membersihkan belt bekerja dengan semua ukuran dan kecepatan belt, industri apapun maupun jenis materialnya. 

Solusi Belt Cleaner juga memberikan pembersihan belt yang bekerja pada lingkungan yang paling menantang dan unik, seperti pada sistem conveyor dengan ruang minimal sekitar Head Pulley .

Belt Cleaner Mengatasi Carry Back

Fungsi Cleaner Menghapus carry back secara efektif dan efisien. Pembersih conveyor solusi sederhana namun sangat efektif untuk meningkatkan kinerja material handling.

Dengan adanya pembersih, conveyor akan membersihkan antara 97-99%. Cleaner Memecahkan masalah material carry back pada conveyor.

Cara Kerja Conveyor Cleaner

Umumnya Cleaner Instal Sepasang atau. yakni Primary Cleaner , Secundary Cleaner dan tertier.

Primary Belt Cleaner akan membersikan belt conveyor dari material kasar.

Secundary Belt Cleaner membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada belt Conveyor.

Primary Cleaner, Secondary Cleaner, Tertiery Cleaner, V Plough, Diagonal Plough.

Pada umumnya Belt cleaner pasang pada area Head Pulley Namun beberapa kasus dapat pasang juga pada Tail Pulley dan Take up Pulley.

Belt Cleaner System : Kegunaan dan aplikasi

Tambang Batubara (Permukaan / Bawah Tanah) Batuan Keras (Emas, Tembaga, Platinum, Bijih Besi, dll) PLTU, Fasilitas Muat Pelabuhan Salt Steel Pupuk Kimia Pasir & Kerikil Agregat Batu Hancur Mobile Crushing Persiapan Tanaman Biji Semen.

Variant Belt Cleaner

Secara umum, macam-macam cleaner ada 3 jenis, yakni primary cleaner, secundary cleaner dan terthier.

Beberapa type Blade Belt Cleaning

Saat ini blade cleaner menggunakan bahan dari ; tungsten carbide, Poliuretan dan  ceramic. masing masing blade memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Masalah Timbul Saat Tension terlalu tegang pada Belt Cleaner

Salah satu masalah paling umum dari sistem Conveyor yang tidak efisien adalah pembersih belt yang terlalu tegang. Beberapa operator percaya bahwa tekanan tambahan akan menghasilkan pembersihan yang lebih baik yang sebenarnya tidak terjadi. Mengencangkan berlebihan tidak meningkatkan kinerja belt Cleaner, tetapi menimbulkan masalah baru yang tidak ada sejak awal. Tekanan yang meningkat dapat menyebabkan blade lebih cepat aus, mengurangi efisiensi pembersih belt, dan menyebabkan masalah serius pada sistem konveyor.

Pembersih belt yang terlalu tegang dapat menciptakan tekanan internal sekitar 120̊C (250̊F) yang dapat menyebabkan pelelehan dan lecet karena getaran dan gesekan yang berlebihan. Perubahan termal dapat sangat merusak bilah poliuretan dan dapat mempersulit bilah untuk mengurangi terbawa kembali.

Tungsten Carbide Blade Cleaner paling efektif

Dengan meningkatkan kinerja cleaner maka akan memberikan keuntungan berlipat seperti:

Peningkatan profitabilitas – Menghilangkan carryback mengurangi material buronan dan meminimalkan biaya pembersihan dan pemeliharaan yang tidak perlu.

Meminimalisir Kehilangan material

Lebih sedikit kehilangan material – Dengan mengikis belt hingga bersih pada head pulley, pembersih belt menghilangkan masalah carry back dan menjaga material massal bergerak ke arah yang benar melalui titik transfer atau ke dalam Hopper.

Umur Conveyor Belt Sysytem jadi lebih panjang

Peralatan conveyor yang lebih tahan lama – Bahan yang carry back pada bawah belt sering kali berakhir dalam sistem conveyor dan dapat merusak roller dan idler sekaligus menyebabkan belt berkeliaran dan berjumbai.

BELT CLEANER JADI Hemat Energy

Biaya energi yang lebih rendah – Saat material menempel pada belt pada head pulley, penambahan bobot material yang menempel pada belt membuat peralatan bekerja lebih keras sehingga menggunakan lebih banyak energi.

Lingkungan kerja yang lebih aman – Ketika material Carry-back menumpuk pada bawah Belt. Pekerja dapat dengan mudah slip dan jatuh saat mencoba berjalan melalui kekacauan tersebut.

Tambah lagi, debu yang tidak dapat anda kontrol yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan saat bernafas dan dapat menyalakan api sehingga menyebabkan ledakan yang mematikan.

Masalah debu berkurang – Debu buronan sering kali merupakan produk sampingan dari material yang jatuh dari bawah sabuk dalam perjalanan pulang.

Cara Pemasangan Belt Cleaner

Adapun cara pemasangan cleaner sangat sederhana. Umumnya engineer bawaan conveyor system sudah menyiapkan posisi cleaner. Kadang memang butuh sedikit modifikasi pada Chute atau hopper.

Panduan Pemasangan Cleaner akan membantu Anda memahami pengoperasian produk. Serta dapat membantu membuatnya berfungsi dengan baik efisiensi maksimum selama masa pakai.

Sangat penting untuk pengoperasian yang aman dan efisien agar informasi dan pedoman yang ada pada manual book dengan benar pahami dan terapkan. Manual Book akan memberikan tindakan pencegahan keselamatan, petunjuk pemasangan, prosedur perawatan dan tips pemecahan masalah.

Namun, jika memiliki pertanyaan lain atau masalah yang tidak tercakup, silakan kunjungi situs kami atau hubungi kami.

AFTER SALES SERVICE BELT CLEANER:

Blade yang sederhana dan dapat anda ganti, yang terbuat dari Carbide atau uretan memberikan solusi yang tangguh namun lembut untuk tantangan pembersihan belt.

Segmen blade pada pembersih sesuai dengan belt yang aus atau rusak, sedangkan penegang spring tensioner memastikan interaksi blade-to-belt yang konsisten dan tekanan konstan pada belt.

Masalah yang muncul dalam penggunaan Belt Cleaner System

Selama ini blm ada masalah yang muncul dengan pemasangan belt cleaning Selama pemilihannya cocok dengan aplikasi. Yang perlu menjadi perhatian adalah sambungan belt dan kondisi repair belt jangan sampai melewati tinggi belt.

Namun masalah akan muncul saat anda tidak menggunakan Belt Cleaning. permasalahan lain dan beberapa biaya yang suka-tidak suka harus anda keluarkan. seperti :

MASALAH YANG MUNCUL TANPA PEMBERSIH BELT

  • Kerugian akibat Kehilangan material karena tidak semua material yang berjatuhan bisa kembali ke conveyor.
  • Pengeluaran upah pembersihan yang rutin.
  • Kerugian yang timbul akibat kerusakan awal pada return roller karena efek abrasi dari carry back.
  • Biaya kerusakan belt akibat mistracking karena penebalan material pada return roller.
  • Potensi kecelakaan kerja karena area kerja tertutup material carryback yang menumpuk.
  • Operator / teknisi maintenance sulit untuk monitoring kondisi conveyor. Karena akses tertutup dan turun semangat petugas kebersihan karena permasalahan carryback akan terjadi lagi.
    dan masih banyak masalah lain yang bersumber dari masalah yang telah kami sampaikan sebelumnya.

Manufacture Produk Belt Cleaner

Ada sejulah brand kenamaan yang sudah lama berkecimpung dalam membuat belt cleaner. Brand kenamaan tersebut seperti :

  1. Bellebanne yang telah membuat belt cleaner Type H, P, E, R, U, A dll.
  2. Flexco
  3. Martin Engineering
  4. Holsh
  5. ASCGO

Ragam Type Belt Cleaner System 

Kali ini  kami akan membahas Bellebanne atau Nippon Tsusho merupakan manufaktur dan designer sejumlah type cleaner yang sudah populer sejak tahun 1970an namun demikian saat ini banyak brand yang mencontoh produk ini. Sejumlah type cleaner yang merupakan rancangan bellebanne adalah : 

  1. Primary Cleaner Type H

Primary Cleaner Bellebanne Type H dengan tungsten carbide. dalam beberapa kasus anda dapat mengganti tungsten carbide dengan pisau polyurethane.

  1. Secundary Cleaner Type U

  1. Secondary Cleaner Type P

  1. Secondary Belt Cleaner Type R dengan tungsten carbide

  1. Tungsten Carbide Belt Cleaning Type A

  1. Primary Belt Cleaner Type E dengan polyurethane

Belakangan ini, sejumlah produk juga memproduksi produk yang sama atau mirip dengan type ini.

RIVERSE BELT CLEANER Type A

Belt Cleaner Type A Secundary Belt Cleaner telah menjadi pembersih sekunder yang berhasil selama lebih dari 30 tahun. Belle Banne telah terbukti efektif dalam menjaga Belt konveyor yang bersih di berbagai aplikasi.

Type U

Belt Cleaner Type U, adalah innovasi Bellebanne – Nippontshusho Jepang yang belum tertandingi membersihkan material basah dan lengket seperti Lumpur. sudah teruji di applikasi : Vale Indonesia, PT. Bukit Asam dll

Belt Cleaner Type R

Belt Cleaner Type A Secundary Belt Cleaner telah menjadi pembersih sekunder yang berhasil selama lebih dari 30 tahun. Belle Banne telah terbukti efektif dalam menjaga Belt Conveyor yang bersih di berbagai aplikasi.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Belt Cleaner dengan menghubungi tim sales kami: admin@alkabelt.com


0 Komentar

Tinggalkan Balasan