Conveyor Belt atau ban berjalan Adalah Suatu sistem angkut mekanis secara terus menerus dengan menggunakan belt fabric atau sling kawat.

Belt Fabric dengan Carcass benang

Karena Conveyor Belt adalah Suatu sistem alat angkut mekanis secara terus menerus dengan menggunakan belt fabric atau sling kawat. Oleh karena sifatnya itu, kami menyebut conveyor itu : “conveying Continues”.

Conveyor Belt mampu memuat lebih banyak

Karena sifat dari karet Conveyor yang secara terus menerus maka conveyor belt lebih efektif dalam mengangkut material dalam jumlah yang sangat besar jika anda bandingkan dengan alat angkut convensional seperti Truk.

Fungsi Conveyor Belt

Conveyor belt dapat kita temukan untuk alat membawa Batubara, Pltu, mesin pemecah batu atau stone crusher, tambang batubara, tambang nikel, tambang emas, tambang semen, pabrik gula, pabrik semen, pabrik pupuk, pabrik pengolahan pertanian, pabrik pengolahan limbah, pabrik tepung, serta banyak industri lainnya. 

Kenapa Menggunakan Conveyor ?

Ada sejumlah alasan kenapa menggunakan conveyor. Jika dibandingkan dengan menggunakan truk conveyor jauh mampu memuat lebih banyak. Kapasitas angkut perjam jauh lebih besar. Hal lain yang menjadi daya tarik penggunaan belt adalah pemeliharaan lebih sederhana dan jauh lebih cepat. Untuk itu Memilih conveyor yang baik dan benar adalah menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang dibutuhkan seperti ; kapasitas produksi, maksimum load, kecepatan muat. 

SPAREPART ATAU BAGIAN CONVEYOR BELT

Pada Sistem Conveyor biasanya ada dua atau lebih Pulley (alias drum pulley). Pulley bertenaga disebut “Drive Pulley”, yang tidak bertenaga disebut “Tail Pulley”.

pulley dengan rubber lagging untuk memutar conveyor belt

MACAM BAHAN COVER CONVEYOR BELT

Berdasarkan penggunaan, Conveyor belt biasanya menggunakan PVC , Polyurethabe (PU) Belt , atau karet. Belt terdiri dari satu atau lebih lapisan bahan. Kebanyakan belt pada material handling umumnya berupa dua lapisan yaitu rubber dan carcass. Carccas Conveyor Belt adalah nama lapisan bawah yang memberikan kekuatan dan bentuk linier, sedangkan penutup atas bernama Top Cover.

Food Grade PVC Belt Conveyor untuk membawa makanan pada pabrik biskuit

MODEL CARCASS CONVEYOR BELT

Poliester EP, nilon NN, dan kapas paling sering digunakan untuk membuat carcass belt, sedangkan berbagai senyawa karet atau plastik yang ditentukan dengan menggunakan belt digunakan untuk membuat penutup.

Belt dengan partisi cleat dengan jarak teratur kita kenal sebagai elevator belt. Type belt ini sering kita jumpai untuk mengangkut material berbentuk butir ke atas lereng yang curam. Belt juga untuk pengunaan dalam bongkar muat kargo curah dan truk live-bottom.

Conveyor Belt sistem ada sejumlah part pendukung seperti, Carry Roller Idler, Return Roller Idler, Impact Roller Idler, Pulley Drive, Pulley Tail, Bend Pulley, Take Up Pulley, Belt Cleaner, Plought, Motor Drive, Rubber Skirting, Skirtboard, serta sejumlah sparepart pendukung lainnya.

Dunlop Belt type sersan

CONVEYOR BELT TYPE SERSAN / CHEVRON

Untuk membawa material pada kontruksi dengan kemiringan mendaki / incline lebih dari 18 derajat maka butuh sirip atau cleat penahan. Biasanya kira menyebut belt Sersan atau chevron.

Type Conveyor Belt Sersan

Ada beberapa model belt sersan

Conveyor Belt sersan Chevron Type

Belt Fabric

Fabric belt lebih banyak penggunaan karena harga yang lebih murah, proses pemasangan dan penggantian lebih cepat serta perawatan lebih mudah.

Kelemahan fabric belt adalah tingkat kemoloran / Elongation at Break yang tinggi hingga tidak dapat degunakan pada aplikasi dengan jalur yang panjang.   Belt Fabric ada type EP (Poliester) dan NN(Nilon)

Conveyor Steel Cord

Keunggulan dari Steel Cord Belt adalah kekuatan yang luar biasa hingga mencapai tensile strength 10.000 n/mm dengan tingkat kemoloran nyaris 0%. Oleh karena itu belt ini biasa berguna pada aplikasi dengan jarak yang sangat jauh. Umumnya belt ini kecenderungan berumur yang lebih lama.

Kelemahan dari steel cord belt adalah harganya yang mahal serta rawan robek memanjang. Proses pemasangan yang lama

Menghitung Motor Conveyor, Menyambung Belt Steel Cord, RIP Detection Belt Steel Cord

Cover Grade Conveyor Belt

DUNLOP SUPERFORT CONVEYOR BELTS COVER QUALITY

General Purpose Belt (GRADE M / DIN X, Y )

Special Order Belt

Ozone Resistant; syarat wajib membeli conveyor belting

100% OZONE & RESISTENSI UV. Pada permukaan tanah, ozon adalah polutan. Ini meningkatkan keasaman permukaan karbon hitam dan menyebabkan reaksi berlangsung dalam struktur molekul karet.

Hal ini menghasilkan keretakan permukaan dan penurunan kekuatan tarik karet yang nyata dan akhirnya memperpendek umur operasional. Tidak seperti sebagian besar produk pesaing kami, (terutama yang berasal dari Timur Jauh)

semua produk dunlop asli ‘MADE IN HOLLAND’ , termasuk belt chevron, sepenuhnya tahan terhadap ozon dan ultraviolet menurut EN / ISO 1431. Ini adalah satu lagi alasan mengapa belt Dunlop memberikan kehidupan kerja yang jauh lebih hemat biaya.

Sparepart Conveyor

U-Type Secondary Belt Cleaner Belle banne

Belt Cleaner berguna untuk melakukan pembersihan permukaan belt hingga tidak ketemu masalah ceceran material.

Primary Cleaner
Pulley Lagging sangat bermanfaat untuk menghindari slip. Pulley lagging juga menjadi salah satu faktor keausan belt akibat pengikisan.

Ceramic LaggingPulley Lagging
Pulley Merupakan penggerak dari belt. Semakin besar beban yang akan  debawa maka akan semakin besar kebutuhan tenaga untuk memutar belt.


Drive Pulley “Motorize Pulley”


Rubber Skirt 

Rubber Skirting kita pasang pada papan skirtboard yang merupakan suatu hal yang sederhana namun sangat berperan penting dalam menghindari ceceran material.

Skirtboard dengan rubber

Rubber Skirting Y type skirt double lips

Penyambungan Belt atau Splicing Belt

Jika anda membutuhkan jasa penyambungan belt dengan sistem cold splicing maupun hot splicing kami dengan senang hati akan membantu anda. tenaga ahli kami terlatih dalam melakukan penyambungan dalam kondisi apapun.

tools splicing

Rubber lagging Pulley Conveyor

apakah rubber lagging anda sudah aus? kami dapat melakukan penggantian rubber lagging anda baik on site maupun di workshop. kami menyediakan rubber lagging polos maupun diamond grooved.

Ceramic Linning

Kami dapat melakukan pemasangan ceramic lining pada hopper anda untuk menghindari kebocoran maupun plagging yang membuat kapasitas muat / produksi anda jadi berkurang. Tenaga ahli kami sudah berpengalaman.

Services
Apalah anda membutuhkan jasa profesional kami?

Tenaga Ahli kami ddukung pengalaman serta penguasaan teknik rancang bangun conveyor system dengan autocad serta software design conveyor seperti Belt Calculator dan Overland Conveyor. 

Conveyor Design

Merancang Conveyor system dengan menggunakan software auto cad serta overland conveyor dengan standard CEMA

Belt Scan

Pemeriksaan conveyor belt existing dengan menggunakan teknology belt scaning. tingkat akurasi hasil scan yang sangat tinggi dapat dgunakan untuk mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan. 

Belt Monitor

Pemantauan secara continues terhadap belt serta dapat melakukan penghentian operasi secara cepat jika terjadi emergensi 

Maintenance Conveyor System

Perawatan secara rutin baik bersifat preventive maupun corective. Jika anda meyakini bahwa skill anda memperbaiki conveyor sangat mumpuni, Namun demikian kami sampaikan bahwa “merawat jauh lebih baik daripada memperbaiki”